Senin, 23 Maret 2020

PROPOSAL USAHA MAKANAN MARTABAK TAHU


PROPOSAL USAHA MAKANAN
MARTABAK TAHU

 



                                                                                










Di Susun Oleh :
SERLI HANDAYANI
XII BISNIS DARING PEMASARAN I



PROGRAM KEAHLIAN PEMASARAN
SMK BUMI PUTERA PAMIJAHAN
Jl. KH. Abdul Hamid Km. 15 Desa Ciasmara
Kec. Pamijahan Kab. Bogor
2019-2020


LEMBAR PENGESAHAN

PROPOSAL USAHA
”MARTABAK TAHU”
Laporan ini telah di periksa dan di persetujui pada Tanggal ..................2020
Oleh





Kepala program                                                          Pembimbing



Ulsum Desyanti, S.Pd                                               Siti Halimah, S.P



Menyetujui,
Kepala Sekolah SMK Bumi Putera Pamijahan




Ade Lesmana S.Pd.





KATA PENGANTAR


  Assalamualaikum wr.wb
Pertama, marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, yang senantiasa memberikan beribu-ribu kenikmatan, sehingga saya dapat menyelesaikan proposal usaha ini tepat pada waktunya.
Shalawat serta salam semoga tercurah limpahkan kepada Nabi Muhammad SAW. Tidak lupa kepada keluarganya, kepada para sahabatnya serta kepada kaumnya sampai akhir zaman ini.
   Proposal usaha ini tidak semata-mata di buat dengan tujuan menyelesaikan tugas daripada pembimbing, melainkan sebagai acuan untuk kedepannya dalam perencanaan merintis usaha.
   Dalam tugas penyusunan proposal usaha ini, tidak luput dari beberapa pihak yang senantiasa membimbing dalam pembuatannya. Saya Ucapkan Terima Kasih.
   Saya menyadari sedikit-banyaknya kekurangan daripada proposal usaha ini. Mohon Dimaklumi.

Bogor,      Januari 2020
Penulis

Serli Handayani









DAFTAR ISI



LEMBAR PENGESAHAN ...........................................................................  ii
KATA PENGANTAR..................................................................................... iii
DAFTAR ISI ..................................................................................................  iv
BAB I PENDAHULUAN............................................................................... 1 
            A. Latar Belakang................................................................................ 1
            B. Visi Dan Misi................................................................................... 1
            C. Tujuan.............................................................................................. 1
BAB II ANALISIS PELUANG USAHA...................................................... 2
             A. Target Pasar.................................................................................... 2
             B. Situasi Persaingan ..........................................................................  2
             C. Strategi Pemasaran.......................................................................... 2
             D. Keunggulan Produk .......................................................................  2
             E. Analisis SWOT............................................................................... 2
BAB III PENGELOLAAN PRODUK........................................................... 4
               A. Tempat Produksi........................................................................... 4
               B. Alat Dan Bahan............................................................................ 4
               C. Cara Pembuatan Produk............................................................... 4
               D. Analisis 4P.................................................................................... 5
               E. Perhitungan Biaya......................................................................... 5
BAB IV PENUTUP......................................................................................... 8
               A. Kesimpulan................................................................................... 8
               B. Saran............................................................................................. 8



BAB I
PENDAHULUAN


A.  LATAR BELAKANG
Tahu merupakan makanan yang mudah dijumpai dan memiliki kandungan Gizi yang bermanfaat bagi tubuh manusia.Oleh karena itu, saya terinspirasi untuk membuat sebuah olahan tahu yang berbeda dari olahan tahu pada umumnya.
Dengan memanfaatkan tahu sebagai bahan utamanya, saya mencoba Berinovasi, yaitu; mengkolaborasikan Tahu dengan Martabak, yang setelah dipadupadankan menjadi "Martabak Tahu"
Dengan terciptanya "Martabak Tahu," akan tersaji sebuah Makanan/Jajanan yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh manusia.
B.  VISI DAN MISI
1. VISI
Melestarikan Tahu sebagai makanan khas Indonesia yang memiliki citarasa dan kandungan yang bermanfaat bagi tubuh manusia
     2. MISI
Menyajikan Makanan/Jananan bergizi tinggi yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh, serta memberikan kepuasan terhadap Konsumen dan/atau Pelanggan.
C. TUJUAN USAHA
Ikut berperan dalam melestarikan dan mengembangkan makanan khas Indonesia. Dan ikut serta dalam menjajakan Makanan/Jajanan yang mendukung daya kebutuhan tubuh manusia.





BAB II
ANALISIS PELUANG USAHA


A.  Target Pasar/Konsumen
Penjualan "Martabak Tahu" dilakukan pada beberapa daerah, terutama di daerah Desa Cibunian.
"Martabak Tahu" adalah Makanan/Jajanan untuk semua kalangan, di mulai dari anak-anak, remaja, dewasa ataupun orang tua. "Martabak Tahu" cocok untuk semua kalangan konsumen
B.  Situasi persaingan
Sejauh ini, masih sedikit pesaing untuk produk yang sama. Khususnya di daerah Desa Cibunian.
C.  Strategi Pemasaran/Promosi
Adapun untuk pengenalan produk ini kepada calon Pelanggan/Konsumen; saya berkeliling ke setiap permukiman dan menawarkan ke setiap calon Pelanggan/Konsumen.
D.  Keunggulan Produk
1.    Tanpa bahan pengawet
2.    Memiliki citarasa yang khas
3.    Harga yang terjangkau/ekonomis
4.    Berprotein tinggi dan higienis
E.  Analisis SWOT  
1.    Strenght (Kekuatan)
a.    Bahan-bahan mudah didapatkan
b.    Kualitas rasa terjamin lezat
c.    Dapat dijadikan sebagai camilan dan/atau sebagai lauk untuk di makan bersama nasi
d.   Harga terjangkau/ekonomis


2.    Weakness (Kelemahan)
a.    Harga bahan-bahan tidak stabil
b.    Produk mudah ditiru
c.       Tidak tahan lama atau mudah basi
3.    Oppurtunity (Peluang)
a.    Luasnya pemasaran produk, dapat mempercepat perkembangan usaha
b.    Bahan-bahan mudah didapatkan, sehingga tidak menyulitkan dalam mencarinya
c.       "Martabak Tahu" adalah variasi dari Martabak pada umumnya, tetapi dipadupadankan dengan tahu, oleh karena itu, bukan tidak mungkin akan banyak peminatnya
4.    Threat (Ancaman)
a.    Adanya pesaing daripada produk yang sama
b.    Adanya pelaku usaha dari produk yang sama dengan harga lebih murah.  

















BAB III
PENGELOLAAN PRODUK


A. Tempat Produksi
Saya memproduksi "Martabak Tahu" ini di rumah saya sendiri, untuk adonan, sementara proses akhir atau menggorengnya yaitu di tempat saya berjualan.
B. Alat dan Bahan
1. Peralatan
a.    Kompor                                 g. Sendok
b.    Tabung Gas                           h. Saringan
c.    Wajan                                    i. Plastik Kecil
d.   Spatula                                  j. Plastik Paus
e.    Baskom                                 k. Saus Gemol
f.       Pisau                                               l. Isi Gas
2. Bahan
a.    Tahu Besar
b.    Telur Ayam
c.    Daun Bawang
d.   Wortel
e.    Kulit Lumpia
f.       Minyak Goreng
g.    Garam
h.    Lada
C. Cara Pembuatan
1.      Terlebih dahulu siapkan semua bahan, yaitu; Tahu, Telur Ayam, Daun Bawang, Wortel, Kulit Lumpia, Minyak Goreng, Garam dan Lada.
2.      Siapkan mangkuk, tambahkan telur kemudian garam, aduk-aduk sampai merata
3.      Kemudian, siapkan tahu lalu hancurkan
4.      Siapkan daun bawang lalu iris kecil-kecil
5.      Siapkan wortel lalu potong-potong dalam ukuran kecil
6.      Campurkan semua bahan dengan telur, tambahkan garam dan lada secukupnya kemudian aduk sampai merata
7.      Siapkan kulit lumpia, lalu tambahkan adonan, kemudian lipat kulit lumpia tersebut. Pastikan adonan benar-benar tertutup kulit lumpia
8.      Setelah semua bahan siap; siapkan wajan lalu masukkan minyak goreng secukupnya, panaskan sampai siap masak
9.      Setelah wajan siap masak, goreng adonan sampai berwarna kecoklatan
10.  Setelah matang, tiriskan beberapa saat. "Martabak Tahu" siap di kemas dan dinikmati.
D. Analisis 4P
      1. Product (Produk)
MARTABAK TAHU
      2. Price (Harga)
   Harga yang saya tetapkan adalah Rp.8.000,-/pcs.
      3. Place (Tempat)
Wilayah pemasaran produk "Martabak Tahu" ini yaitu; di sekolah-sekolah, di pasar-pasar terdekat dan tempat ramai lainnya
      4. Promotion
Sistem   promosi   yang   akan   saya   lakukan   yaitu dengan memprompsiakannya secara langsung kepada konsumen.
E.  Penghitungan Biaya
    1. Biaya Bahan Baku
No.
Bahan
Volume
Harga
Jumlah
Keterangan
1.
Telur Ayam
20 Butir
Rp.   2.000
Rp.   40.000

2.
Daun Bawang
20 Batang
Rp.      400
Rp.     8.000

3.
Wortel
4 Kg
Rp.   2.500
Rp.   10.000

4.
Kulit Lumpia
100 Lembar
Rp.      130
Rp.   13.000

5.
Minyak Goreng
1 Liter
Rp. 13.000
Rp.     4.333
Digunakan untuk 3 x produksi
 6.
Garam
18 sdm
Rp.        15
Rp.        270

 7.
Lada
4 sdm
Rp.   1.125
Rp.     4.500

 8.
Tahu Besar
50 Buah
Rp.   3.000
Rp. 150.000




Total
Rp. 230.103


2. Biaya Peralatan
No.
Alat
Volume
Harga
Jumlah
1.
Kompor
1
Rp. 150.000
Rp. 150.000
2.
Tabung Gas
1
Rp. 120.000
Rp. 120.000
3.
Wajan
1
Rp. 100.000
Rp. 100.000
4.
Spatula
1
Rp.   10.000
Rp.   10.000
5.
Baskom
1
Rp.   10.000
Rp.   10.000
6.
Pisau
1
Rp.   10.000
Rp.   10.000
7.
Sendok
1
Rp.     5.000
Rp.     5.000
8.
Saringan
1
Rp.   10.000
Rp.   10.000



Total
Rp. 415.000
  Biaya Penyusutan Rp. 416.000 : 1080 hari = Rp. 384,259 dibulatkan menjadi
Rp. 385
       3. Biaya Perlengkapan
No.
Alat
Volume
Harga
Jumlah
Keterangan
1.
Plastik Kecil
100 pcs
Rp.   50
Rp.   5.000

2.
Plastik Besar
100 pcs
Rp.   200
Rp. 20.000

3.
Saus Gemol
1 pcs
Rp.   2.000
Rp.   2.000

4.
Isi Gas
3 kg
Rp. 21.000
Rp.    7000
Digunakan selama 3 hari



Total
Rp.34.000

       4. Biaya Promosi
No.
Alat
Volume
Harga
Jumlah
Keterangan
1.
Kuota Internet
1 GB
Rp. 25.000
Rp. 25.000

Biaya penyusutan Rp. 25.000/30 hari = Rp. 833,333 dibulatkan menjadi Rp.850
5. Biaya Personal
    Personal      :  Rp. 20.000
    Total             : Rp. 20.000
6. Akumulasi Biaya
          Biaya Bahan Baku          = Rp. 230.103
          Biaya peralatan               = Rp.        385
          Biaya Perlengkapan       = Rp.    34.000
          Biaya Personal                = Rp.   20.000
          Total                                 = Rp. 285.338
7. Aspek Keuangan
Total Biaya             = Rp. 285.338
Produk                    = 100 pcs
     a. Harga Pokok Perpcs = Jumlah Biaya : Jumlah Produk
                                            = Rp. 285.338 : 100
                                            = Rp. 2.853,38 Dibulatkan Menjadi Rp. 2.854
     b. Harga Jual Per-Biji    = Harga Pokok + Keuntungan Yang Diinginkan
                                            = Rp. 2.854 + (180% X Rp. 2.854)
                                            = Rp. 8.000
    c. Total Pendapatan Produk = Jumlah Produk X Harga Jual
                                                  = 100 X Rp. 8.000
                                                 = Rp. 800.000
    d. Total Pendapatan Bersih  = Pendapatan Produk — Jumlah Biaya
                                                  = Rp. 800.000 - Rp. 285.338
                                                 = Rp. 514.662

8. Keuntungan Bersih Yang Didapatkan
            a.  Keuntungan perminggu= keuntungan /hari x 1 minggu
                                                          = Rp. 514.662 x 7 hari = Rp. 3.602.634
            b.  Keuntungan perbulan = keuntungan /hari x 1 bulan
                                                          = Rp. 514.662 x 30 hari =Rp. 15.439.860
            c. keuntungan pertahun= keuntungan /hari x 1 tahun
                                                          =Rp. 514.662 x 360 hari =Rp.185.278.320



















BAB IV
PENUTUP


A.  Kesimpulan
Berdasarkan hasil pembahasan yang telah dipaparkan di atas, maka dapat disimpulkan secara keseluruhan, yaitu Tahu bisa dijadikan sebagai salah satu peluang usaha dan juga mendukung Daya Tingkat Gizi tubuh manusia. Selain itu, tahu dapat di jadikan beragam produk makanan seperti "Martabak Tahu"
B.  Saran
Menjadi seorang pengusaha tentulah butuh proses. Tidak hanya butuh kesabaran, tetapi haruslah disertai dengan tekad yang kuat. Untuk menjadi seorang pengusaha perlulah di mulai dari suatu perencanaan yang matang. Dengan membuat proposal usaha, maka niscaya usaha tersebut dapat dijalankan dan terkontrol dengan baik.
      


Tidak ada komentar:

Posting Komentar