PROPOSAL USAHA MAKANAN
MARTABAK TAHU
Di
Susun Oleh
:
SERLI
HANDAYANI
XII BISNIS DARING PEMASARAN
I
PROGRAM KEAHLIAN PEMASARAN
SMK BUMI PUTERA PAMIJAHAN
Jl. KH. Abdul Hamid Km. 15
Desa Ciasmara
Kec. Pamijahan Kab. Bogor
2019-2020
LEMBAR PENGESAHAN
PROPOSAL
USAHA
”MARTABAK
TAHU”
Laporan
ini telah di periksa dan di persetujui pada Tanggal ..................2020
Oleh
Kepala
program Pembimbing
Ulsum Desyanti, S.Pd Siti Halimah, S.P
Menyetujui,
Kepala
Sekolah SMK Bumi Putera Pamijahan
Ade
Lesmana S.Pd.
KATA PENGANTAR
Assalamualaikum wr.wb
Pertama, marilah kita panjatkan
puji dan syukur kehadirat Allah SWT, yang senantiasa memberikan beribu-ribu
kenikmatan, sehingga saya dapat menyelesaikan proposal usaha ini tepat pada
waktunya.
Shalawat serta salam semoga
tercurah limpahkan kepada Nabi Muhammad SAW. Tidak lupa kepada keluarganya,
kepada para sahabatnya serta kepada kaumnya sampai akhir zaman ini.
Proposal usaha ini tidak semata-mata di buat dengan tujuan menyelesaikan
tugas daripada pembimbing, melainkan sebagai acuan untuk kedepannya dalam
perencanaan merintis usaha.
Dalam tugas penyusunan proposal usaha ini, tidak luput dari beberapa
pihak yang senantiasa membimbing dalam pembuatannya. Saya Ucapkan Terima Kasih.
Saya menyadari sedikit-banyaknya kekurangan daripada proposal usaha ini.
Mohon Dimaklumi.
Bogor, Januari 2020
Penulis
Serli
Handayani
DAFTAR ISI
LEMBAR PENGESAHAN ........................................................................... ii
KATA PENGANTAR.....................................................................................
iii
DAFTAR ISI .................................................................................................. iv
BAB I PENDAHULUAN...............................................................................
1
A. Latar Belakang................................................................................
1
B. Visi Dan Misi...................................................................................
1
C. Tujuan..............................................................................................
1
BAB II ANALISIS PELUANG
USAHA......................................................
2
A. Target Pasar....................................................................................
2
B. Situasi Persaingan .......................................................................... 2
C. Strategi Pemasaran..........................................................................
2
D. Keunggulan Produk ....................................................................... 2
E. Analisis SWOT...............................................................................
2
BAB III PENGELOLAAN
PRODUK...........................................................
4
A. Tempat Produksi...........................................................................
4
B. Alat Dan Bahan............................................................................
4
C. Cara Pembuatan Produk...............................................................
4
D. Analisis 4P....................................................................................
5
E. Perhitungan Biaya.........................................................................
5
BAB IV PENUTUP.........................................................................................
8
A. Kesimpulan...................................................................................
8
B. Saran.............................................................................................
8
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
LATAR
BELAKANG
Tahu merupakan makanan yang mudah
dijumpai dan memiliki
kandungan Gizi yang bermanfaat bagi tubuh manusia.Oleh karena itu, saya
terinspirasi untuk membuat sebuah olahan tahu yang berbeda dari olahan tahu
pada umumnya.
Dengan memanfaatkan tahu sebagai bahan
utamanya, saya mencoba Berinovasi, yaitu; mengkolaborasikan Tahu dengan
Martabak, yang setelah dipadupadankan menjadi "Martabak Tahu"
Dengan terciptanya "Martabak
Tahu," akan tersaji sebuah Makanan/Jajanan yang dapat memenuhi kebutuhan
tubuh manusia.
B.
VISI
DAN MISI
1. VISI
Melestarikan Tahu sebagai makanan khas
Indonesia yang memiliki citarasa dan kandungan yang bermanfaat bagi tubuh
manusia
2. MISI
Menyajikan Makanan/Jananan bergizi
tinggi yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh, serta memberikan kepuasan terhadap
Konsumen dan/atau Pelanggan.
C. TUJUAN
USAHA
Ikut
berperan dalam melestarikan dan mengembangkan makanan khas Indonesia. Dan ikut
serta dalam menjajakan Makanan/Jajanan yang mendukung daya kebutuhan tubuh
manusia.
BAB II
ANALISIS PELUANG
USAHA
A.
Target
Pasar/Konsumen
Penjualan "Martabak Tahu"
dilakukan pada beberapa daerah, terutama di daerah Desa Cibunian.
"Martabak Tahu" adalah
Makanan/Jajanan untuk semua kalangan, di mulai dari anak-anak, remaja, dewasa
ataupun orang tua. "Martabak Tahu" cocok untuk semua kalangan
konsumen
B.
Situasi
persaingan
Sejauh
ini, masih sedikit pesaing untuk produk yang sama. Khususnya di daerah Desa Cibunian.
C.
Strategi
Pemasaran/Promosi
Adapun
untuk pengenalan produk ini kepada calon Pelanggan/Konsumen; saya berkeliling
ke setiap permukiman dan menawarkan ke setiap calon Pelanggan/Konsumen.
D.
Keunggulan
Produk
1.
Tanpa bahan pengawet
2.
Memiliki citarasa yang
khas
3.
Harga yang
terjangkau/ekonomis
4.
Berprotein tinggi dan
higienis
E.
Analisis
SWOT
1. Strenght
(Kekuatan)
a.
Bahan-bahan mudah
didapatkan
b.
Kualitas rasa terjamin
lezat
c.
Dapat dijadikan sebagai
camilan dan/atau sebagai lauk untuk di makan bersama nasi
d.
Harga
terjangkau/ekonomis
2. Weakness
(Kelemahan)
a.
Harga bahan-bahan tidak
stabil
b.
Produk mudah ditiru
c.
Tidak tahan lama atau
mudah basi
3. Oppurtunity
(Peluang)
a.
Luasnya pemasaran
produk, dapat mempercepat perkembangan usaha
b.
Bahan-bahan mudah
didapatkan, sehingga tidak menyulitkan dalam mencarinya
c.
"Martabak
Tahu" adalah variasi dari Martabak pada umumnya, tetapi dipadupadankan
dengan tahu, oleh karena itu, bukan tidak mungkin akan banyak peminatnya
4. Threat
(Ancaman)
a.
Adanya pesaing daripada
produk yang sama
b.
Adanya pelaku usaha
dari produk yang sama dengan harga lebih murah.
BAB III
PENGELOLAAN PRODUK
A. Tempat
Produksi
Saya
memproduksi "Martabak Tahu" ini di rumah saya sendiri, untuk adonan,
sementara proses akhir atau menggorengnya yaitu di tempat saya berjualan.
B. Alat dan
Bahan
1.
Peralatan
a.
Kompor g. Sendok
b.
Tabung Gas h.
Saringan
c.
Wajan i.
Plastik Kecil
d.
Spatula j.
Plastik Paus
e.
Baskom k.
Saus Gemol
f.
Pisau l.
Isi Gas
2.
Bahan
a.
Tahu Besar
b.
Telur Ayam
c.
Daun Bawang
d.
Wortel
e.
Kulit Lumpia
f.
Minyak Goreng
g.
Garam
h.
Lada
C. Cara
Pembuatan
1. Terlebih dahulu siapkan semua bahan,
yaitu; Tahu, Telur Ayam, Daun Bawang, Wortel, Kulit Lumpia, Minyak Goreng,
Garam dan Lada.
2. Siapkan mangkuk, tambahkan telur
kemudian garam, aduk-aduk sampai merata
3. Kemudian, siapkan tahu lalu hancurkan
4. Siapkan daun bawang lalu iris
kecil-kecil
5. Siapkan wortel lalu potong-potong dalam
ukuran kecil
6. Campurkan semua bahan dengan telur,
tambahkan garam dan lada secukupnya kemudian aduk sampai merata
7. Siapkan kulit lumpia, lalu tambahkan
adonan, kemudian lipat kulit lumpia tersebut. Pastikan adonan benar-benar
tertutup kulit lumpia
8. Setelah semua bahan siap; siapkan wajan
lalu masukkan minyak goreng secukupnya, panaskan sampai siap masak
9. Setelah wajan siap masak, goreng adonan
sampai berwarna kecoklatan
10. Setelah matang, tiriskan beberapa saat.
"Martabak Tahu" siap di kemas dan dinikmati.
D. Analisis 4P
1. Product (Produk)
MARTABAK
TAHU
2. Price (Harga)
Harga yang saya
tetapkan adalah Rp.8.000,-/pcs.
3. Place (Tempat)
Wilayah pemasaran produk "Martabak
Tahu" ini yaitu; di sekolah-sekolah, di pasar-pasar terdekat dan tempat
ramai lainnya
4. Promotion
Sistem promosi
yang akan saya
lakukan yaitu dengan
memprompsiakannya secara langsung kepada konsumen.
E. Penghitungan Biaya
1.
Biaya Bahan Baku
No.
|
Bahan
|
Volume
|
Harga
|
Jumlah
|
Keterangan
|
1.
|
Telur
Ayam
|
20 Butir
|
Rp. 2.000
|
Rp. 40.000
|
|
2.
|
Daun
Bawang
|
20 Batang
|
Rp. 400
|
Rp. 8.000
|
|
3.
|
Wortel
|
4
Kg
|
Rp. 2.500
|
Rp. 10.000
|
|
4.
|
Kulit
Lumpia
|
100
Lembar
|
Rp. 130
|
Rp. 13.000
|
|
5.
|
Minyak
Goreng
|
1
Liter
|
Rp. 13.000
|
Rp. 4.333
|
Digunakan
untuk 3 x produksi
|
6.
|
Garam
|
18 sdm
|
Rp. 15
|
Rp. 270
|
|
7.
|
Lada
|
4 sdm
|
Rp. 1.125
|
Rp. 4.500
|
|
8.
|
Tahu Besar
|
50
Buah
|
Rp. 3.000
|
Rp. 150.000
|
|
|
|
|
Total
|
Rp. 230.103
|
|
2.
Biaya Peralatan
No.
|
Alat
|
Volume
|
Harga
|
Jumlah
|
1.
|
Kompor
|
1
|
Rp. 150.000
|
Rp. 150.000
|
2.
|
Tabung
Gas
|
1
|
Rp. 120.000
|
Rp. 120.000
|
3.
|
Wajan
|
1
|
Rp. 100.000
|
Rp. 100.000
|
4.
|
Spatula
|
1
|
Rp. 10.000
|
Rp. 10.000
|
5.
|
Baskom
|
1
|
Rp. 10.000
|
Rp. 10.000
|
6.
|
Pisau
|
1
|
Rp. 10.000
|
Rp. 10.000
|
7.
|
Sendok
|
1
|
Rp. 5.000
|
Rp. 5.000
|
8.
|
Saringan
|
1
|
Rp. 10.000
|
Rp. 10.000
|
|
|
|
Total
|
Rp. 415.000
|
Biaya Penyusutan Rp. 416.000 : 1080 hari = Rp. 384,259 dibulatkan menjadi
Rp.
385
3. Biaya Perlengkapan
No.
|
Alat
|
Volume
|
Harga
|
Jumlah
|
Keterangan
|
1.
|
Plastik
Kecil
|
100 pcs
|
Rp. 50
|
Rp. 5.000
|
|
2.
|
Plastik
Besar
|
100
pcs
|
Rp. 200
|
Rp. 20.000
|
|
3.
|
Saus Gemol
|
1
pcs
|
Rp. 2.000
|
Rp. 2.000
|
|
4.
|
Isi Gas
|
3 kg
|
Rp. 21.000
|
Rp. 7000
|
Digunakan selama 3 hari
|
|
|
|
Total
|
Rp.34.000
|
|
4.
Biaya Promosi
No.
|
Alat
|
Volume
|
Harga
|
Jumlah
|
Keterangan
|
1.
|
Kuota Internet
|
1 GB
|
Rp. 25.000
|
Rp. 25.000
|
|
Biaya penyusutan Rp. 25.000/30 hari = Rp. 833,333
dibulatkan menjadi Rp.850
5. Biaya Personal
Personal
:
Rp. 20.000
Total : Rp. 20.000
6. Akumulasi Biaya
Biaya Bahan Baku = Rp. 230.103
Biaya peralatan = Rp. 385
Biaya Perlengkapan = Rp. 34.000
Biaya Personal = Rp. 20.000
Total = Rp. 285.338
7. Aspek Keuangan
Total Biaya = Rp. 285.338
Produk = 100 pcs
a. Harga Pokok Perpcs = Jumlah Biaya :
Jumlah Produk
= Rp. 285.338 : 100
= Rp. 2.853,38 Dibulatkan Menjadi Rp. 2.854
b. Harga Jual Per-Biji = Harga Pokok + Keuntungan Yang Diinginkan
= Rp.
2.854 + (180% X Rp. 2.854)
=
Rp. 8.000
c. Total Pendapatan Produk = Jumlah Produk
X Harga Jual
= 100 X Rp. 8.000
= Rp. 800.000
d. Total Pendapatan Bersih = Pendapatan Produk — Jumlah Biaya
= Rp. 800.000 - Rp. 285.338
= Rp. 514.662
8. Keuntungan Bersih
Yang Didapatkan
a. Keuntungan perminggu= keuntungan /hari x 1
minggu
=
Rp. 514.662 x 7 hari = Rp. 3.602.634
b. Keuntungan perbulan = keuntungan /hari x 1
bulan
=
Rp. 514.662 x 30 hari =Rp. 15.439.860
c. keuntungan pertahun=
keuntungan /hari x 1 tahun
=Rp. 514.662
x 360 hari =Rp.185.278.320
BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil pembahasan yang telah
dipaparkan di atas, maka dapat disimpulkan secara keseluruhan, yaitu Tahu bisa
dijadikan sebagai salah satu peluang usaha dan juga mendukung Daya Tingkat Gizi
tubuh manusia. Selain itu, tahu dapat di jadikan beragam produk makanan seperti
"Martabak Tahu"
B. Saran
Menjadi seorang pengusaha tentulah butuh
proses. Tidak hanya butuh kesabaran, tetapi haruslah disertai dengan tekad yang
kuat. Untuk menjadi seorang pengusaha perlulah di mulai dari suatu perencanaan
yang matang. Dengan membuat proposal usaha, maka niscaya usaha tersebut dapat
dijalankan dan terkontrol dengan baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar